Ciri-ciri VGA Card Mau Rusak : Muncul Artifak

Kesalahan gambar/display yang disebabkan oleh kartu Graphics/VGA disebut dengan artifact, hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan Hardware ataupun software/driver.

  • Jika kita melihat artifact sebelum Load OS/masih dibios, sudah dipastikan hal ini terjadi bukan karena driver/software
  • Jika kita melihat artifact dalam salah satu program, ada kemungkinan terjadi konflik dengan program/software tersebut
  • Namun Jika kita melihat artifact dalam beberapa program, ada kemungkinan terjadi kesalahan driver atau hardware
  • Tetapi jika artifact terjadi hanya setelah OS terload, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah uninstal driver VGA dan Chipset motherboard, kemudian instal driver VGA dan chipset yang terbaru/terupdate, karena dengan mengupdate driver terkadang masalah artifact bisa terselesaikan. hal ini kita lakukan, sebelum memvonis kalau hardware/VGA kita yang bermasalah.

Selain solusi diatas, ada baiknya memastikan kalau hardware/perangkat yang lain memang bekerja secara normal.
Overheating adalah penyebab utama VGA artifact, jadi harus kita pastikan kalau kipas pendingin VGA bekerja secara normal.
Suhu VGA tergantung dari program yang dijalankan, secara umum VGA relatif dingin saat bekerja dengan program 2D, namun akan melonjak panas ketika menjalankan program 3D seperti Game.
Jika VGA terjadi artifact setelah beberapa saat bermain game, bisa dipastikan akibat pengaruh panas/overheating, untuk membuktikannya bisa dengan membuka side panel kesing atau memberikan kipas tambahan pada VGA anda, yang tujuannya untuk bisa mendinginkan VGA saat bermain game atau menjalankan apliaksi 3D, jika masalah ini hilang, kita sudah mengetahui penyebabnya, yaitu VGA kepanasan/Overheating.
Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi/menghindari artifact adalah dengan downclock GPU dan Video Memory, hal ini untuk mengurangi tingkat suhu yang terjadi pada GPU dan video memory.

Overclock VGA juga dapat menyebabkan artifact, OC VGA yang berlebihan tentunya dapat meningkatkan suhu VGA dan kerusakan secara kumulatif, mungkin pada saat artifact pertama kali VGA masih bisa kembali normal, namun kemudian muncul lagi artifact setelah seminggu atau sebulan, yang akhirnya menyebabkan kerusakan permanent.

Terkadang artifact bisa juga karena monitor ( dalam hal ini monitor yang rusak ) dan fort output VGA, yaitu adanya artifact pada seluruh layar disertai dengan perubahan warna monitor, maka kita harus mencoba dengan monitor lain dan lakukan test artifact, bisa dengan FRAPS ( tambahan ts : atitools, traytolls, evga oc scaner, msi kombustor, dll )

A. Video RAM artifacts
Artifact Memory Video bisa terjadi karena memory gagal mentransfer data yang didapat, hal ini menyebabkan terjadi beberapa kegagalan dalam menampilkan gambar/display. namun memory video yang lainnya masih bisa menampilkan hasil olahnnya dengan baik.

Video RAM artifacts

Video memory memegang peranan dalam menampilkan display, yang disebut Frame Buffer. yaitu berfungsi menyimpan salinan gambar yang telah terproses, jika Frame Buffer tersimpan didalam memory yang jelek/rusak, maka akan terjadi artifact. Gambar diatas menunjukan artifact Video memory, dimana layar masih bisa terlihat, namun adanya pergeseran warna substansi, ini adalah gejala umum dari Video memory yang jelek/rusak.

Gambar diatas menunjukan artifact, kita bisa melihat pada gamabar daerah langit, adanya warna kuning. Hal ini terjadi karena jelekna video memory. artifact jenis ini bisa terjadi dalam apliaksi 2D atau 3D.
Artifact lain yang mungkin terjadi adalah ” unexpected spike” yaitu Video memory masih bisa menahan/bekerja dalam modus 3D, namun terjadinya delay, yang menyebabkan adanya semacam goresan panjang, misalnya dalam suatu game, salah satu objek telah bergerak maju, namun ada objek lain yang masih tidak bergerak, sehingga tampilan menjadi kacau/artifact.

Array dari titik-titik atau garis horisontal dan vertikal yang terjadi seperti gambar diatas, hal umum yang terjadi pada artifact Video memory. Hal seperti ini bisa terjadi dalam 2D atau 3D.
Jadi apa yang harus kita lakukan ketia Video Memory rusak? sayangnya belum ada program yang secara langsung dapat menguji kerusakan video memory.. namun ada satu hal yang bisa kita lakukan, yaitu menguji Memory utama PC ( bukan memory VGA ), kenapa? karena terkadang Video memory juga menyimpan data di Memory utama PC, jadi sebelum memastikan video memory yang rusak, alangkah baiknya menguji/test memory utama PC.
Jika anda melakukan OC Video Memory dan terjadi artifact, maka segera ubah kesetingan defaultnya. hal ini untuk mengurangi kerusakan kumulatif.
dikarenakan Video memory langsung terintegrasi dengan board VGA dan jarang bisa di rubah jika sudah rusak, hanya satu cara yaitu ganti VGA.

2.GPU artifacts

GPU adalah graphics processing unit, ini adalah chip utama dalam sebuah VGA. Bentuk umum dari artifact GPU adalah kotak – kotak pada seluruh layar,terjadi akibat panas yang berlebihan, sehingga kita harus memeriksa apakah fan/kipas pendingin GPU bekerja secara normal? atau dengan membuka kesing komputer dan menurunkan clock GPU, jika hal ini belum menyelesaikan masalah, bisa mencobanya dengan membelik pendingin GPU aftermarket, yang biasanya memberikan qualitas pendinginan yang lebih bagus.

3.Bus artifacts

Terkadang video memory menyimpan datanya di memory utama Pc, dan meloading nya kembali jika diperlukan, pada jenis motherboard dengan slot AGP kadang terjadi data corupt saat terjadinya pemindahan data dari memory utama kedalam video memory. Dalam kasus ini bisa dicoba dengan menurunkan muliplier AGP dari 8x ke 4x, namun pada jenis PCI dan PCI-E hal ini jarang terjadi.

4.Tinted screen

Dalam ulasan ini tidak ada screenshoot nya, namun yang dimaksud Tinted screen adalah ketika keadaan monitor menjadi kurang cerah,terlalu merah, terlalu kuning,atau terjadinya perubahan warna yang tidak sesuai. Dan penyebab umumnya adalah monitor misadjusted atau rusak, namun kabel monitor dan konektor monitor juga bisa menyebabkan hal ini.
Jika memiliki monitor lain, bisa mencobanya, jika masalah tetap sama berarti kabel dan monitor tidak bermasalah. kemungkinan masalah di outpun video atau masalah mekanis conector video card.

5.DVI corruption

Jika Anda menggunakan koneksi DVI digital antara kartu video dan monitor maka anda bisa mendapatkan masalah korupsi DVI yang biasanya muncul sebagai garis vertikal . Bagian kiri gambar di atas ditampilkan dengan benar. Bagian kanan menunjukkan korupsi DVI. Tingkat keparahan korupsi bervariasi.

Info Lebih Lanjut : http://www.playtool.com/pages/artifacts/artifacts.html

(Luangkan waktu sejenak untuk menjelajahi situs ini,sehingga kita akan memahami potensi penghasilan yang besar) : Bisnis Tanpa Modal Di Internet (Mungkinkah ? Mungkin!) + Bukti Pembayaran 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s